Press "Enter" to skip to content

Tips Belanja Online Aman Agar Tidak Tertipu

Belanja Online Aman – Saat membeli suatu barang secara online sudah pasti Anda hanya melihat atau mendapatkan informasi yang serba terbatas. Memang saat ini belanja online merupakan aktivitas belanja yang sedang trean dan sangat efisien, sehingga banyak orang melakukannya.

Tapi tidak sedikit juga orang yang merasa kecewa dengan belanja ornline, dikarenakan terkadang barang yang dating tidak sesuai dengan pesanan atau bahkan tertipu dengan oknum para penjual online.

Belanja online menjadi pilihan cerdas di tengah situasi pandemi Covid-19. Di sisi lain, saat berbelanja online, kita tidak bisa langsung melihat penjual dan menyentuh produk yang kita inginkan. Oleh karena itu, Anda harus lebih waspada dan berhati-hati sebelum melakukan transaksi online.

Berikut tips berbelanja online dengan aman dan tidak tertipu.

1. Lihat Peringkat Toko

Belanja Online Aman

Sebelum memutuskan untuk berbelanja online, cek dulu kredibilitas toko tersebut. Periksa ulasan dari orang-orang yang telah melakukan pembelian dari toko online. Hal ini terlihat pada rating toko, kolom rating dan kolom komentar di media sosial.

Periksa referensi sesering mungkin sebelum memutuskan untuk berbelanja di toko.

2. Cek Harga

Belanja Online Aman

Periksa juga harga toko online. Selalu curiga ketika toko menawarkan harga yang terlalu murah dan berbeda jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harganya terlalu rendah, ada kemungkinan produk tersebut palsu atau tidak asli.

3. Pilih Toko yang Direkomendasikan

Pilih toko online yang telah direkomendasikan oleh orang lain, mis. B. dari teman atau dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada dan lainnya menawarkan label toko yang direkomendasikan atau toko bintang untuk penjual. Toko-toko ini biasanya dapat dipercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap.

4. Hubungi Penjual

Belanja Online Aman

Jangan ragu untuk bertanya kepada toko online dengan mengirim pesan atau mengobrol. Lihat jawaban penjual. Mintalah detail agar lebih aman berbelanja di toko.

5. Pilih Metode Cash On Demand (COD)

Belanja Online Aman

Jika ragu, pilih metode pembayaran cash on delivery. Metode ini memungkinkan Anda untuk membayar produk setelah produk dikirim oleh kurir. Jika Anda ingin membeli, uang dapat dibayarkan ke kurir. Jika tidak, kurir akan mengirimkan kembali barang ke penjual.

Demikian ulasan tartblossom.com mengenai tips belanja online aman, semoga informasi ini berguna untuk Anda yang sedang senang berbelanja secara online. /Aha

Baca Juga: 3 Kata Penting untuk Pembelajaran Anak

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *