Press "Enter" to skip to content

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur Hindari 7 Kebiasaan ini

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur – Hidup kita tanpa gadget sulit dibayangkan, karena sekarang semakin banyak manfaat yang membuat hidup kita semakin mudah. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa kebiasaan yang memiliki efek berbahaya yang akan mempengaruhi daya tahan perangkat Anda. Anda tidak ingin perangkat Anda cepat rusak, bukan? Yuk tinggalkan tujuh kebiasaan berikut ini:

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur

1. Kosongkan baterai ponsel sepenuhnya

Baterai lithium-ion dari beberapa merek smartphone diprogram untuk sejumlah siklus pengisian atau pengosongan penuh 100 hingga 0 persen. Setelah beberapa waktu melalui siklus ini, baterai akan mulai berfungsi dan kapasitasnya menurun, jadi sebaiknya jangan menunggu sampai baterai benar-benar habis. Oleh karena itu, disarankan untuk mengisi daya saat level baterai mencapai 20 persen.

2. Biarkan smartphone mengisi daya semalaman

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur

Smartphone saat ini mengisi daya lebih cepat daripada gadget di masa lalu. Menurut Edo Campos dari perusahaan baterai Anker, kita tidak perlu khawatir tentang pengisian daya yang berlebihan, karena perangkat modern tidak lagi mengisi daya dengan benar pada tegangan yang sesuai.

Berita buruknya, bagaimanapun, adalah bahwa perangkat yang mengisi daya sepanjang malam dapat menurunkan masa pakai baterai dan menguras kapasitas baterai dari waktu ke waktu. Karena baterai lithium-ion tidak membutuhkan waktu lama untuk diisi, biasanya hanya cukup 1-2 jam saja.

3. Tinggalkan perangkat di dalam mobil

Jangan tinggalkan gadget di dalam mobil, ternyata berguna tidak hanya untuk keselamatan, tetapi juga hipotermia dan panas berlebih dapat berdampak buruk pada perangkat Anda. Bagaimana hal itu terjadi? Karena atmosfer memiliki efek negatif pada prosesor, termasuk kerusakan pada baterai dan tampilan.

4. Jangan bersihkan peralatan dengan bahan kimia rumah tangga

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur

Bahan kimia rumah tangga umumnya mengandung elemen yang berbahaya bagi perangkat Anda. Misalnya, hindari membersihkan layar laptop, desktop, tablet, dan smartphone dengan bantuan pembersih kaca dan jendela, karena mengandung amonia dan zat lain yang merusak lapisan anti-statis dan anti-silau layar.

Sedangkan aksi jangka panjang dari senyawa kimia ini menyebabkan munculnya retakan, menguning dan berkabut di monitor dan layar. Jadi gunakan pembersih yang tepat, khusus untuk perangkat Anda.

5. Jangan Bawa laptop Anda ke tempat tidur bersama Anda

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur

Ketika kita meletakkan laptop di tempat tidur, kita sering meletakkan perangkat di pangkuan kita dan ternyata efeknya sangat berbahaya, karena dilarang untuk menutup ventilasi laptop. Solusinya: Anda perlu menyediakan pasokan udara karena jika perangkat Anda terlalu panas dapat menyebabkannya berhenti bekerja.

6. Jangan gunakan charger sesuai kapasitas

Setiap perangkat memiliki kapasitas pengisian daya yang berbeda, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan pengisi daya atau charger yang kompatibel karena perangkat memiliki chip khusus. Menggunakan yang salah akan menghasilkan kesalahan dan mengakibatkan perangkat Anda tidak berfungsi dengan baik.

7.Hindari bawa smartphone Anda ke kamar mandi dan toilet

Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur

Hindari membawa ponsel cerdas Anda ke toilet dan kamar mandi karena dua alasan ini. Pertama, smartphone Anda dapat dengan mudah terlepas dari tangan kita dan masuk ke dalam air sehingga mudah rusak.

Kedua, jika ponsel jatuh ke dalam air atau bak mandi, Anda akan tersengat listrik. Sangat berbahaya bukan? Selain itu, toilet adalah tempat paling kotor di rumah, jadi jangan biarkan peralatan Anda menjadi sarang mikroba. Saat nya menjaga gadget kita!

Demikian ulasan tartblossom mengenai Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur Hindari 7 Kebiasaan ini, semoga dapat menjadi informasi yang berguna untuk Anda dalam menjaga gadget kesayangan. /Aha

Baca Juga: EXO Rilis EXO Ship Saga Sebelum Comeback, Begini Cara Bermainnya!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *