Press "Enter" to skip to content

Seperti Apa Manfaat Membaca Al Fatihah 7 Kali Setelah Sholat? Simak Penjelasannya

Dalam melaksanakan ibadah sholat, biasanya ada macam-macam surat yang boleh dibacakan, salah satunya Al Fatihah. Ulasan ini akan membahas tentang berbagai manfaat membaca Al Fatihah 7 kali setelah sholat.

Pada umumnya, setiap surat atau amalan yang dibacakan pasti memiliki manfaatnya masing-masing. Hal yang sama juga ada pada surat Al-Fatihah, dimana surat ini dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat bagi umat Islam.

Mengenal Tentang Surat Al Fatihah Yang Diucapkan Pada Sholat

Seperti yang diketahui, Al-Fatihah adalah surat terawal dalam Al-Qur’an, sesuai dengan artinya yaitu pembukaan. Surat ini juga memiliki istilah lain yaitu Ummul Qur’an/Ummul Kitab, karena dianggap sebagai induk isi pada Al-Qur’an.

Dilihat dari isinya, surat Al-Fatihah memiliki tujuh ayat. Karena itu, Al-Fatihah juga dinamakan As Sab’ul matsani, dengan arti ‘tujuh yang berulang-ulang’. Biasanya, surat ini dibacakan dengan jeda pada setiap ayat-ayatnya. Metode ini mengikuti seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Al-Fatihah adalah surat yang penting untuk dibacakan ketika sedang sholat. Bahkan, sholat itu sendiri tidak dianggap sahnya jika surat Al-Fatihah tidak dibacakan. Tidak hanya sebagai bagian penting sholat, surat Al-Fatihah juga dapat diucapkan setelah sholat.

Baca juga: Terbaru Ciri-Ciri Kutek Halal Yang Bisa Digunakan Sholat Muslimah

Begini Manfaat Surat Al Fatihah 7x Setelah Sholat

Selain sebagai bagian pembuka pada sholat, ternyata, ada manfaat membaca Al Fatihah 7 kali setelah sholat juga. Manfaat yang diberikan juga beragam, namun tentunya akan membawa kebaikan pagi umat Islam yang membacanya. Berikut macam-macam manfaatnya:

  • Dapat menyembuhkan sakit yang ringan. Caranya adalah dengan membaca surat tersebut sambil mengusap pada bagian yang dirasa mengalami sakit setelah sholat. Lakukan berulang hingga sakit yang dialami mereda.
  • Dapat membuka segala pintu kebaikan jika membaca surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali, apabila dimulai dengan mengucapkan bismillah.
  • Dipercaya akan membuka pintu rezeki. Caranya adalah dengan membaca surat Al-Fatihah 7 kali, yang dibarengi dengan kaifiyat atau tata cara sholat yang benar.
  • Segala keinginan yang diinginkan atau diimpikan, juga akan terwujud dan dipenuhi.

Perlu diingat jika surat Al-Fatihah dapat dibacakan setelah sholat apa saja untuk mendapatkan manfaatnya. Apabila kebingungan untuk menentukan kapan waktu sholat, tinggal perhatikan jam digital masjid yang ada pada masjid.

Sekian informasi mengenai manfaat membaca Al Fatihah 7 kali setelah sholat. Sebagai surat utama dan penting dalam sholat, Al-Fatihah tentunya wajib dihafal bagi umat Islam agar mendapatkan manfaatnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =