Press "Enter" to skip to content

Ide Bisnis Online Untuk Para Pelajar Yang Harus Dicoba

Bisnis Online Untuk Para Pelajar – Kewirausahaan harus ditanamkan di sekolah, termasuk memulai bisnis online bagi para pelajar. Memulai bisnis sejak SMA sangat dianjurkan di era digital ini. Mengapa demikian?

Karena beberapa bisnis online dapat dilakukan tanpa mengganggu tanggung jawab utama pelajar, yaitu belajar. Namun tentunya untuk bisa sukses, para pelajar perlu banyak belajar tentang bisnis online.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ide bisnis yang paling cocok. Penentuan ide bisnis ini ditentukan oleh beberapa aspek seperti passion, keahlian, kemampuan berpikir dan dinamisme.

Ide Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan oleh para pelajar. Dan keuntungan yang mungkin di peroleh juga sangat besar.

Berikut ada beberapa ide bisnis yang bisa dicoba para pelajar:

Reseller

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Rekomendasi bisnis yang bagus untuk pelajar adalah reseller. Konsep bisnis reseller sangat sederhana yaitu kalian membeli produk langsung dari produsen dengan harga murah kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Banyak anak muda saat ini menjalankan bisnis reseller karena ingin super murah dan mudah dilakukan. Sebagai pelajar, kalian tidak harus membeli produk yang mahal. Siapkan saja beberapa ratus ribu, untuk itu para pelajar bisa memulai bisnis reseller ini dari sekarang.

Kami sangat menyarankan kalian untuk menjual kembali produk yang sesuai dengan usia. Misalnya, ide bisnis yang paling laris dan sedang tren sekarang seperti skincare.

Kalian tidak perlu menyewa model untuk mempromosikan perawatan kulit, cukup kalian sendiri. Gunakan media sosial untuk menjangkau kalayak ramai dan mungkin melakukan pembelian.

Dropshiper

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Ide utama di balik bisnis dropshipping online adalah bahwa sebagai pemilik usaha kecil seperti kalian tidak perlu modal yang besar, juga tidak perlu repot mengemas atau mengirim barang yang dibeli oleh pembeli. .

Selain tidak membutuhkan modal sistem dropship bisa mengurangi resiko stock menumpuk dan tidak laku.  Karena kita tidak perlu mempunyai stock, kita hanya perlu memasarkan dan promosi barang yang kita jual.

Setelah ada pembeli yang membayar selanjutnya kita hanya perlu membayar kepada produsen, kemudian sisanya dilakukan oleh mereka. Mulai dari pengemasan dan pengiriman sudah semua dilakukan oleh meeka bukan kita lagi.

Freelancer

Bisnis Online Untuk Para Pelajar
money kompas

Jika kalian pandai menulis atai pandai desain atau juga jago coding tidak ada salahnya jika kalian mencoba menjadi freelancer. Freelancer sangat cocok untuk para pelajar, terutama mahasiswa.

Dengan keterampilan yang kalian miliki, sangat mudah untuk mendapatkan proyek dan menghasilkan banyak uang. Konsep bisnis ini sangat sederhana dan hampir tanpa modal.

Karena keahlianlah yang dibayar disini, semakin baik keahlian kalian semakin besar pula uang yang akan didapatkan. Banyak sekali pilihan untuk menjadi freelancer, kalian bisa memilih sesuai keahkian kalian ataupun sesuatu yang memamg kalian sukai.

Vlogger

Sekarang ini adalah jaman banyak sekali orang membuat video YouTube. Miliaran orang menonton YouTube setiap bulan. Artinya YouTube juga bisa menjadi sumber uang bagi pelajar.

Pelajar dapat membuat vlog yang berisi konten menarik. Kabar baiknya, gaya hidup pelajar ini sangat relevan dengan apa yang disukai pemirsa YouTube.

Kalian dapat memposting berbagai konten yang terkait erat dengan aktivitas kalian seperti cover lagu, podcast, tutorial memasak, tutorial make up, video dengan kutipan dan banyak lagi.

Meskipun YouTube memiliki aturan yang cukup ketat, baik dalam hal konten dan monetisasi, kalian masih memiliki potensi untuk menghasilkan banyak keuntungan selama kalian dengan hati-hati mengunggah konten unik berkualitas tinggi yang dibutuhkan oleh banyak orang.

Apalagi sekarang ini sangat mudah sekali untuk menjadi viral. Tapi kalian harus tetap hati-hati dalam bermedsos.

Influencer

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Apakah kalian memiliki wajah yang cantik atau kalian sangat pandai di bidang tertentu? Sekarang saatnya menjadi influencer Instagram! Influencer adalah istilah yang digunakan untuk pengguna media sosial yang memiliki pengaruh.

Namun pada kenyataannya, influencer ini lebih cenderung identik dengan pemegang akun yang memiliki banyak pengikut. Jadi, untuk menjadi influencer dan menghasilkan uang dari referensi, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah meningkatkan jumlah pengikut kalian.

Berhati-hatilah saat mengunggah konten dan jangan lupa untuk tetap berhubungan dengan penggemar kalian melalui fitur story atau Instagram Live.

Untuk menjadi sukses, seorang pelajar tidak harus menunggu untuk lulus. Bahkan jika mereka masih sekolah atau kuliah, pelajar dapat menghasilkan uang dengan berbisnis online.

Blogger

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Jika kalian adalah orang yang susah mengucapkan tentang sesuatu secara langsung di depan audiens. Tetapi kalian lebih suka berpikir dan berkreasi tentang apa yang lebih baik untuk ditulis.

Maka, menjadi seorang blogger bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat menuangkan kreasi kaian dalam bentuk tulisan, baik itu cerita, pelajaran, atau sebagainya.

Kemudian mendaftar ke Adsense untuk mulai menghasilkan uang. Semakin banyak orang melihatnya, semakin menguntungkan bagi kalian dan dapat digunakan sebagai aset untuk masa depan.

Pengeditan Situs Website

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Tetapi ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki keterampilan dalam bisnis coding karena situs website ini tidak dapat diedit dengan cara yang mudah.

Kalian harus memiliki kemampuan untuk memahami skrip dan pengetahuan pemrograman yang menyeluruh.Jika skrip salah, kesalahan dapat terjadi di salah satu bidang.

Tetapi jika kalian berhasil menyelesaikannya dengan baik, penghasilan yang dapat dihasilkan bisa sangat besar. Jadi penghasilan yang di dapatkan sebanding dengan tantangan yang di hadapi.

Pengeditan Video Dan Desain Grafis

Bisnis ini semakin populer. Banyak perangkat lunak baru sedang diproduksi yang memiliki lebih banyak fungsi dan lebih mudah digunakan.

Tentu saja, jika kalian kuliah di VHS jurusan DKV, bisnis jenis ini akan sangat membantu kalian untuk meningkatkan keterampilan mengedit. Perusahaan ini juga merupakan tempat dimana kalian bisa mendapatkan pengalaman kerja sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Kalian dapat mencoba bisnis ini dan seiring pertumbuhannya, kalian dapat menargetkan video pernikahan, pemotretan pre-wedding, atau desain direktori sekolah.

Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan dan berbagi portofolio.

Keberadaan portofolio sangat penting agar perusahaan kalian terlihat benar-benar handal dan berpengalaman. Portofolio juga berguna bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa edit video atau desain grafis kalian.

Menjalankan bisnis online bagi mahasiswa merupakan pengalaman berharga dalam meningkatkan keterampilan bisnis. Kalian dapat belajar banyak dari bisnis kalian dan terus mengembangkan  bisnis kalian untuk membangun bisnis yang jauh lebih besar.

Penjual Kerajinan

Bisnis Online Untuk Para Pelajar

Penjualan tidak lagi dilakukan melalui interaksi langsung dengan mengunjungi pusat perbelanjaan, toko atau supermarket, tetapi hanya dengan mengunjungi e-commerce dan pasar online lainnya.

Fasilitas ini sangat bermanfaat bagi anda yang ahli dibidangnya dan ingin menjual serta mengembangkan potensi penjualan anda. Kalian juga dapat mencoba menjual karya kalian pada situs e-niaga khusus yang dibuat dengan tujuan untuk menampung pengrajin.

Biaya awal untuk ide bisnis ini sangat rendah jika kalian membeli bahan kreatif secara grosir dari bisnis kerajinan. Jika kalian dapat membuat dan menjual karya seni kalian dengan cepat di toko online, kalian akan mendapat untung  besar dalam waktu singkat.

Demikian ulsan tartblossom mengenai Ide Bisnis Online Untuk Para Pelajar Yang Harus Dicoba, semoga beberapa ide bisnis diatas kiranya dapat membantu dan menjadi inspirasi untuk para pelajar. /Aha

Baca Juga: Supaya Gadget Kamu Awet dan Panjang Umur Hindari 7 Kebiasaan ini

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *