Press "Enter" to skip to content

Ketahui Harga Pekerjaan Galian Tanah Mulai Yang Paling Murah

Pekerjaan galian tanah adalah salah satu jenis pekerjaan konstruksi yang melibatkan penggalian, pengangkutan, dan penimbunan tanah. Pekerjaan ini biasanya dilakukan untuk membuat pondasi, saluran air, jalan, atau lahan kosong. 

Harga pekerjaan galian tanah bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti luas area, kedalaman galian, jenis tanah, jarak angkut, dan lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan daftar harga untuk pekerjaan galian tanah terbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Daftar Harga Pekerjaan Galian Tanah

Harga untuk pekerjaan galian tanah dapat dihitung berdasarkan satuan volume (m3) atau satuan luas (m2). Berikut adalah daftar harga pekerjaan galian tanah per m3 dan per m2 berdasarkan sumber yang kami temukan :

Jenis PekerjaanHarga per m3Harga per m2
Galian tanah biasaRp 25.000 – Rp 50.000Rp 5.000 – Rp 10.000
Galian tanah kerasRp 50.000 – Rp 100.000Rp 10.000 – Rp 20.000
Galian tanah lempungRp 75.000 – Rp 150.000Rp 15.000 – Rp 30.000
Galian tanah pasirRp 100.000 – Rp 200.000Rp 20.000 – Rp 40.000
Galian tanah batuRp 150.000 – Rp 300.000Rp 30.000 – Rp 60.000

Harga di atas adalah harga rata-rata yang kami temukan dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi pasar dan permintaan. Harga juga dapat berbeda-beda di setiap daerah atau kota. Selain itu, ketahui juga cara menyiku pasang keramik lantai yang benar

Faktor yang Mempengaruhi Harga Pekerjaan Galian

Harga pekerjaan galian tanah

Harga pekerjaan galian tanah tidak hanya ditentukan oleh jenis pekerjaannya, tetapi juga oleh beberapa faktor lain, seperti:

  • Luas area. Semakin luas area yang digali, semakin banyak biaya yang diperlukan untuk menggali, mengangkut, dan menimbun tanah.
  • Kedalaman galian. Semakin dalam galian yang dibutuhkan, semakin sulit dan lama pekerjaannya, sehingga biayanya juga semakin tinggi.
  • Jenis tanah. Jenis tanah yang digali juga mempengaruhi harga pekerjaan galian tanah, karena setiap jenis tanah memiliki tingkat kesulitan dan waktu yang berbeda-beda untuk digali.
  • Jarak angkut. Jarak antara lokasi galian dan lokasi penimbunan juga mempengaruhi harga untuk pekerjaan galian tanah, karena semakin jauh jaraknya, semakin banyak bahan bakar dan waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut tanah.
  • Ketersediaan alat. Alat-alat yang digunakan untuk pekerjaan galian tanah juga mempengaruhi harga pekerjaannya, karena alat-alat tersebut membutuhkan biaya sewa, perawatan, dan operasional.

Peralatan yang Dibutuhkan dalam Pekerjaan Penggalian Tanah

Selain metode pelaksanaan galian yang populer, pekerjaan penggalian tanah membutuhkan beberapa peralatan yang dapat membantu proses penggalian, pengangkutan, dan penimbunan tanah menjadi lebih cepat dan efisien. Beberapa peralatan yang umum digunakan dalam pekerjaan penggalian tanah adalah:

Ekskavator

Ekskavator adalah alat berat yang digunakan untuk menggali tanah dengan menggunakan sebuah lengan mekanis yang dilengkapi dengan sebuah ember atau sendok. Ekskavator dapat menggali tanah dengan kedalaman hingga beberapa meter dan dapat bergerak dengan roda atau rantai.

Bulldozer

Bulldozer adalah alat berat yang digunakan untuk mendorong atau meratakan tanah dengan menggunakan sebuah pisau yang terpasang di bagian depan. Bulldozer dapat bekerja di berbagai jenis tanah, seperti tanah biasa, tanah keras, atau tanah berbatu.

Dump truck

Dump truck adalah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut tanah yang telah digali dari lokasi galian ke lokasi penimbunan. Dump truck memiliki bak belakang yang dapat diangkat untuk membuang muatan tanahnya.

Loader

Loader adalah alat berat yang digunakan untuk mengambil atau menimbun tanah dengan menggunakan sebuah ember yang terpasang di bagian depan. Loader dapat bekerja di berbagai jenis tanah, seperti tanah pasir, tanah lempung, atau tanah batu. Hal ini membuat harga pekerjaan galian tanah menjadi lebih tinggi.

Kesimpulan Akhir

Harga untuk pekerjaan galian tanah adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam proyek konstruksi yang melibatkan penggalian tanah. Ketahui juga bagaimana metode pelaksanaan galian tanah

Harga untuk pekerjaan galian tanah bervariasi tergantung pada jenis pekerjaannya, luas area, kedalaman galian, jenis tanah, jarak angkut, dan ketersediaan alat. 

Dengan mengetahui daftar harga pekerjaan galian tanah terbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Anda dapat membuat estimasi biaya yang lebih akurat dan efisien untuk proyek Anda.

Baca Juga: Hitungan Dan Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Tukang Borongan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − fourteen =