Press "Enter" to skip to content

Ketahui Berapakah Ukuran Standar Lebar Kolam Renang?

Anda ingin membuat kolam tapi masih belum tahu berapakah ukuran standar lebar kolam renang? Kolam renang menjadi fasilitas olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat. Berenang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk relaksasi dan hiburan. 

Namun, tidak semua orang memiliki akses ke kolam renang umum yang luas dan nyaman. Oleh karena itu, banyak yang berminat untuk membuat kolam renang pribadi di rumah mereka.

Ukuran lebar kolam renang bervariasi tergantung pada jenis dan tujuan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa informasi yang dapat membantu Anda mengetahui berapakah ukuran standar lebar kolam renang.

Cari Tahu Berapakah Ukuran Standar Lebar Kolam Renang?

Berapakah ukuran standar lebar kolam renang?

Menurut Federasi Renang Internasional (FINA), ukuran standar lebar kolam renang untuk kompetisi internasional adalah 25 meter atau 50 meter. Kolam renang dengan lebar 25 meter disebut sebagai kolam renang pendek, sedangkan kolam renang dengan lebar 50 meter disebut sebagai kolam renang panjang. Kolam renang panjang lebih umum digunakan untuk kompetisi internasional, seperti Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Selain lebar, ukuran standar kolam renang juga ditentukan oleh panjang dan kedalaman. Panjang kolam renang harus 50 meter untuk kolam renang panjang dan 25 meter untuk kolam renang pendek. 

Kedalaman kolam renang harus minimal 1,35 meter untuk seluruh permukaan kolam, dan maksimal 3 meter untuk bagian tengah kolam. Jumlah lintasan atau jalur berenang dalam kolam renang harus delapan, dengan lebar masing-masing lintasan adalah 2,5 meter. Tapi pastikan Anda paham cara membersihkan kolam renang terlebih dulu.

Untuk kompetisi internasional, berapakah ukuran standar lebar kolam renang? Ukuran standar lebar kolam renang untuk kompetisi internasional mungkin terlalu besar untuk diaplikasikan di rumah. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikan ukuran standar lebar kolam renang dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan Anda. Ada beberapa jenis kolam renang yang cocok untuk rumah, seperti berikut ini.

3 Jenis Kolam Renang yang Cocok Untuk Rumah

Setelah Anda paham berapakah ukuran standar lebar kolam renang? dan sekarang ingin membuat kolam renang di rumah, Anda dapat memilih salah satu dari jenis-jenis kolam renang berikut ini:

Kolam Renang Skimmer

Kolam renang ini menggunakan sistem skimmer atau penyerap permukaan air untuk membersihkan kotoran yang mengapung di atas air. Kolam renang ini cocok untuk rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas, karena ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Ukuran standar lebar kolam renang skimmer biasanya berkisar antara 3 meter hingga 6 meter.

Kolam Renang Overflow

Kolam renang ini menggunakan sistem overflow atau melimpah, di mana air akan mengalir ke saluran pembuangan di sekeliling kolam. Kolam renang ini memberikan kesan mewah dan modern, tetapi membutuhkan lahan yang lebih luas dan biaya perawatan yang lebih tinggi. Ukuran standar lebar kolam renang overflow biasanya berkisar antara 4 meter hingga 8 meter.

Kolam Renang Infinity

Kolam renang ini merupakan variasi dari kolam renang overflow, di mana air akan melimpah ke satu sisi saja, sehingga menciptakan ilusi optik seolah-olah tidak ada batas antara kolam dan lanskap di sekitarnya. Anda bisa cek inspirasi kolam renang mewah dalam rumah.

Bagi Anda yang menanyakan berapakah ukuran standar lebar kolam renang? dan ingin kolam terbaik, kolam renang ini cocok karena sangat indah dan menawan, tetapi membutuhkan lahan yang sangat luas dan biaya pembuatan yang sangat mahal. Ukuran standar lebar kolam renang infinity biasanya berkisar antara 5 meter hingga 10 meter.

Kesimpulan Akhir

Jadi, berapakah ukuran standar lebar kolam renang? Kolam renang menjadi fasilitas olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat. Namun, sebelum membuat kolam renang di rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah ukuran standar lebar kolam renang. Ukuran standar lebar kolam renang berbeda-beda tergantung pada jenis dan fungsi kolam renang tersebut.

Untuk cara membuat kolam renang di halaman rumah, Anda harus mengikuti beberapa langkah, seperti mengukur lahan, menggali tanah, membuat pondasi, membuat dinding dan lantai, dan mengisi air. Anda juga harus memperhatikan aspek-aspek lain seperti biaya pembuatan, perawatan, dan keamanan kolam renang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang masih bingung dan bertanya mengenai berapakah ukuran standar lebar kolam renang?

Baca Juga: 8 Cara Renovasi Atap Rumah Tanpa Pindah! 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =