Press "Enter" to skip to content

7 Efek Samping dan Alergi Vaksin Covid-19 Menurut WHO

7 efek samping dan alergi – Sejumlah reaksi atau efek samping dapat terjadi setelah menerima vaksin Covid-19. Salah satunya adalah alergi pasca vaksinasi Covid-19.

Terjadinya reaksi setelah dilakukan vaksin Covid-19 juga merupakan adanya indikasi bahwa sistem kekebalan tubuh sedang bereaksi terhadap ancaman (vaksin) dan mulai mengembangkan kekebalan.

Selain adanya rasa sakit di bekas tempat suntikan, ada beberapa reaksi umum antara lain termasuk terjadi nya bengkak atau kemerahan di area yang sama, demam dan sakit kepala. Kondisi ini dapat diamati 30 menit setelah vaksinasi.

Mencegah infeksi terhadap virus covid-19 adalah dengan cara aman melalui Vaksinasi. Seperti vaksin atau obat lain, vaksin Covid-19 dapat memiliki efek samping.

Efek samping vaksin Covid-19 bersifat alami dan dapat diatasi. Dikatakan WHO hasil penelitian menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 memiliki efek samping yang sebagian besar tergolong ringan hingga efek sedang dan dalam berdurasi pendek.

Efek samping sendiri biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Efek samping yang lebih serius atau berlangsung lama sangat jarang terjadi.

Simak 7 efek samping akibat vaksin Covid-19 menurut WHO:

7 Efek Samping dan Alergi Vaksin Covid-19 Menurut WHO
  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. Sakit Kepala
  4. Nyeri Otot
  5. Membekukan
  6. Diare
  7. Sakit tempat suntikan

Menurut WHO, efek samping ini dapat terjadi secara berbeda pada setiap orang.

Pada saat proses vaksin, petugas akan memantau Kejadian Buruk Pasca Imunisasi (KIPI) selama 15 – 30 menit setelah vaksinasi. Petugas berwenang juga akan memberi tahu Anda tentang efek samping yang kemungkinan saja akan terjadi serta cara untuk mengatasinya.

WHO juga memberikan saran bagaimana efek samping vaksin Covid-19 dapat diatasi.

Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19:

7 Efek Samping dan Alergi Vaksin Covid-19 Menurut WHO
  1. Istirahat yang cukup
  2. Minum banyak air
  3. Minum asetaminofen jika Anda demam

Jika rasa sakit di tempat suntikan meningkat atau jika Anda mengalami gejala lain, hubungi fasilitas layanan terdekat.

Terkait alergi pasca vaksinasi Covid-19, Ketua Komnas PP KIPI Profesor Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan hal itu bisa terjadi karena memiliki riwayat alergi atau riwayat keluarga alergi.

“Biasanya ada riwayat alergi sebelumnya, langkahnya sih sama, hindari pencetus dan minum obat anti alergi,” kata Hindra saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (4/8).

Selain itu, kata Hindra, “Kemungkinan alergi vaksin umumnya ringan dan berumur pendek dan hilang dengan atau tanpa pengobatan.”

Sekian ulasan tartblossom.com mengenai  7 efek samping dan alergi vaksin Covid-19 dan cara mengatasinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. / Dy

Sumber: cnnindonesia.com

Baca Juga: Seperti Halnya Vaksin, Fakta Kopi Bisa Mengurangi Risiko Tertular Covid-19 Hingga 10 Persen

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *